Pertolongan Pertama Pada Orang Pingsan

By

Pertolongan Pertama Pada Orang Pingsan – Berurusan dengan orang-orang yang rentan tidak boleh diabaikan. Apa pertolongan pertama yang benar untuk orang yang pingsan? Ayo, lihat di sini.

Penyebab pingsan bervariasi, dari ringan hingga berat. Jika penyebab pingsannya sederhana, kesadaran pasien biasanya membaik dengan tidur.

Pertolongan Pertama Pada Orang Pingsan

Pertolongan Pertama Pada Orang Pingsan

Ya, pingsan jenis ini bisa mengindikasikan masalah yang lebih serius, seperti stroke. Jika demikian, hubungi Petugas Kesehatan.

Pertolongan Pertama Pada Orang Pingsan, Ini Caranya

Seringkali orang yang pingsan merasa keseimbangannya terpeleset hingga akhirnya terjatuh. Mungkin juga ada keluhan visual.

Perbaikan biasanya bertahap. Untuk mencegah kecelakaan mendadak, bangunkan pasien sesegera mungkin setelah ditidurkan.

Orang yang tidak sadar harus dipindahkan ke tempat yang aman sesegera mungkin. Misalnya, jika seseorang pingsan karena panasnya matahari saat upacara, segera bawa ke ruangan yang lebih sejuk dan jauh dari sinar matahari.

Metode ini tidak hanya mencegah pasien pingsan, tetapi juga memastikan mereka berada di tempat yang aman dengan oksigen yang cukup.

Begini Pertolongan Pertama Saat Bencana Alam

Cara lain untuk mengatasi pingsan adalah dengan cepat mengangkat kaki saat tidur. Gunakan bantal atau benda lain untuk menopang area kaki agar kaki terangkat di atas kepala. Jika memungkinkan, letakkan kaki Anda 30 cm di atas tanah.

Tujuannya adalah untuk meningkatkan aliran darah ke otak. Lakukan hal yang sama untuk pasien yang tidak terluka. Dalam hal ini, misalnya, pasien tidak pingsan karena pingsan, dan perutnya baik-baik saja.

Jika pasien tidak sadar mengenakan pakaian ketat, kendurkan pakaian untuk mengurangi bau mulut. Anda dapat membuka kerah pasien agar ia dapat bernapas dengan mudah dan bebas.

Pertolongan Pertama Pada Orang Pingsan

Cara lain untuk menyebabkan ketidaksadaran adalah dengan membangunkan pasien. Ini dilakukan setelah berbaring dan memastikan pasien dapat bernapas dengan mudah.

Apa Saja Tindakan Awal Pada Orang Yang Terkena Sengatan Panas (heat Stroke)?

Bangunkan pasien dengan menjatuhkannya dan memanggil tubuhnya ke bawah atau dengan suara keras. Dengan cara ini, pasien dapat pulih dengan cepat, terutama jika yang terjadi agak pingsan.

Anda harus mengetahui fungsi jantung dan paru-paru pasien. Jika Anda melihat bahwa pasien tidak bernapas atau tidak ada denyut nadi di arteri koroner (dekat leher), segera bantu orang yang tidak sadar dengan melakukan resusitasi jantung paru (RJP).

Hubungi bantuan medis saat CPR sedang berlangsung. Lakukan RJP sebanyak 30 kali kompresi dada, kemudian tarik napas dalam-dalam sebanyak dua kali. Lanjutkan siklus sampai bantuan tiba.

Cara lain untuk mewaspadai pingsan adalah dengan memperhatikan tanda-tanda keadaan darurat. Ada banyak tanda penurunan kesadaran yang dapat menyebabkan kondisi yang lebih serius dan mengancam jiwa, termasuk:

Rsup Dr. Sardjito

Dalam kasus sederhana, pasien segera sadar kembali. Saat bangun tidur, Anda mungkin akan disuguhi minuman manis, terutama jika Anda memiliki riwayat telat makan atau diabetes.

Penderita diabetes memiliki gula darah rendah karena obat-obatan. Tunggu sampai pasien benar-benar pulih.

Setelah memberikan pertolongan pertama yang tepat kepada orang yang pingsan, sama pentingnya untuk memahami apa yang harus dilakukan setelah pingsan.

Pertolongan Pertama Pada Orang Pingsan

Anjurkan pasien untuk menemui praktisi kesehatan jika mereka mengalami sakit kepala atau pingsan, atau jika mereka memiliki riwayat pingsan lebih dari sekali dalam sebulan.

Tindakan Tindakan Apa Saja Yang Harus Dilakukan Dalam Memberikan Pertolongan Pertama ?

Pingsan bisa ringan atau berat. Jika Anda melihat seseorang pingsan, lakukan pertolongan pertama di atas. Pastikan Anda bersama pasien setiap saat sambil menunggu bantuan medis tiba.

Jika Anda bingung bagaimana membantu orang yang pingsan, bicarakan dengan dokter melalui fitur ‘Tanya Dokter’ di aplikasi #JagaShekhatmu. Penyebab pingsan dapat berkisar dari ringan hingga berat.

Berbagai penyebab kecil dari kelemahan termasuk terlambat makan, kekurangan air, tinggal terlalu lama dan stres mental.

Biasanya, seseorang yang akan pingsan akan memiliki gejala seperti wajah pucat, keringat dingin, detak jantung lambat (kurang dari 60 denyut per menit) dan kelelahan, serta pembekuan darah.

Pertolongan Pertama Pada Yang Pingsan

Jika Anda melihat seseorang pingsan tiba-tiba, jangan panik. Ada banyak tindakan pertolongan pertama yang dapat diberikan kepada korban.

Namun, perlu diingat bahwa orang yang memberikan bantuan harus memahami dan memahami perbedaan antara pingsan dan situasi serupa lainnya yang dapat mengancam jiwa.

Kiper Benfica Miklos Feher pingsan saat pertandingan melawan Victoria pada 25 Januari 2004. Sayangnya pada tengah malam dia dinyatakan meninggal karena serangan jantung. (Foto: AFP/record/Luis Viera)

Pertolongan Pertama Pada Orang Pingsan

Pada tanggal 26 Juni 2003, Marc-Vivien Fou Kamerun tiba-tiba pingsan saat semifinal melawan Kolombia. (Foto: AFP/Philippe Desmazes)

Langkah Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan

Sebuah. Segera letakkan korban di punggungnya. Putar kepala dan bersihkan tenggorokan dari air, dahak, benda asing, atau makanan.

Pelatih Denmark Kasper Hulmand (tengah) dan para pemain bereaksi ketika pemain Denmark Christian Eriksen dirawat setelah ia pingsan saat pertandingan Grup B Euro 2020 Denmark di Stadion Parken di Kopenhagen, Sabtu (12/6/2021). (Stuart Franklin/Kolam melalui AP)

Prinsipnya sederhana. Anda bernapas untuk orang yang tidak responsif. Bersihkan nafas dari paru-paru dan masuk ke tubuh korban melalui mulut.

Letakkan di sisi kanan bahu korban. Angkat kepala, angkat dagu dan cubit hidung korban dengan ibu jari dan telunjuk. Tujuannya adalah untuk mencegah nafas keluar dari hidung korban dan masuk ke mulut korban.

Pengetahuan Penanganan Situasi Darurat

Bernapas dalam-dalam. Buka mulut Anda lebar-lebar dan sedekat mungkin dengan mulut korban. Mengambil napas. Selanjutnya, jauhkan mulut dari korban.

Ambil dua napas dalam-dalam. Amati dada korban untuk memastikan jalan napas mampu mengembangkan paru-paru.

Pastikan korban bernapas sebelum memulai kembali bernapas. Jika pernapasan korban memburuk, jalan napas mungkin tersumbat atau mereka bernapas terlalu banyak.

Pertolongan Pertama Pada Orang Pingsan

Para pemain Denmark membentuk barisan pertahanan untuk menutupi Christian Eriksen yang pingsan saat melawan Finlandia pada pertandingan Piala Eropa di Parken Stadium. (AFP/Wlofgang Ratttay)

Sejarah Berdirinya Ekskul Pmr Di Smk Negeri 1 Sukalarang

Periksa tanda-tanda diare seperti bernapas, batuk, atau bergerak. Dibutuhkan kurang dari 10 detik. Jika tidak ada tanda-tanda stroke, berikan tekanan pada jantung untuk memompa darah ke otak.

Jika korban menunjukkan tanda-tanda kehidupan tetapi tidak bernapas, lanjutkan resusitasi mulut ke mulut, hembuskan udara dalam jumlah besar selama lima detik, o Ini berarti 12 napas per menit.

Jika pernapasan lemah, dangkal atau lemah, resusitasi mulut ke mulut dapat membantu.

Namun, Anda harus mengoordinasikan pernapasan penyelamatan Anda dengan pernapasan korban. Bersihkan saat dia bernafas, pergi ke dia dulu, lalu bernafas lagi.

Penanganan Korban Pingsan

Foto: 5 kiper peraih Golden Gloves Dalam 5 edisi terakhir Piala Dunia, Neyer dan Courtova saling dorong untuk merebut gelar kedua.

Foto: Real Madrid Menjauh dari Barcelona, ​​​​Karim Benzema adalah pemain Los Blancos kedelapan yang memenangkan Ballon d’Or, dan kepindahan daftar lengkap ini bisa terjadi di mana saja. Banyak orang khawatir ketika mereka tiba-tiba menemukan seseorang telah lewat. Alasan kami panik adalah karena kami tidak tahu harus berbuat apa atau bingung ketika kami menemukan seseorang tiba-tiba pingsan di samping kami. Oleh karena itu, setiap orang harus mengetahui pertolongan yang tepat untuk penderita pingsan agar pengobatan dapat dilakukan dengan cepat dan tepat. Pertolongan pertama pada orang yang pingsan dapat menjadi cara yang efektif untuk menyelamatkan nyawa seseorang, karena pada kasus yang parah, pingsan dapat menyebabkan serangan jantung atau kerusakan otak yang serius.

Mari kita bahas apa yang harus dilakukan jika seseorang pingsan dan kita menemukan seseorang pingsan di sekitar kita.

Pertolongan Pertama Pada Orang Pingsan

Pingsan terjadi ketika otak kekurangan darah, sehingga oksigen dan gula darah di otak berkurang. Padahal, otak membutuhkan keduanya agar berfungsi dengan baik. Akibatnya, ketidaksadaran bersifat sementara.

Penanganan Korban Pingsan

Selain berkurangnya kadar oksigen dan gula darah ke otak, pingsan bisa disebabkan oleh kelelahan atau kondisi dan penyakit medis lainnya.

Pingsan terjadi ketika tubuh terlalu lelah, makan terlalu larut, mengubah posisi tubuh atau berlari di depan umum. Kondisi ini menyebabkan penurunan tekanan darah dan detak jantung, sehingga aliran darah ke otak berkurang dan kesadaran berkurang.

Pingsan yang tidak dapat dijelaskan biasanya tidak berbahaya, dan pasien biasanya pulih setelah beberapa saat. Namun, pingsan harus diwaspadai jika disertai dengan tanda dan gejala lain, seperti:

Langkah pertama dalam membantu orang yang tidak sadarkan diri adalah dengan cepat memeriksa pernapasan mereka dengan memeriksa denyut nadi mereka dan mencari gerakan dada dan perut. Jika tidak ada tanda-tanda bernafas, hubungi 911 atau bawa orang yang tidak sadar ke rumah sakit terdekat. Batuk dan sesak napas seringkali disebabkan oleh penyakit serius, seperti serangan jantung, kecelakaan mobil, atau cedera kepala. Jika terjadi pendarahan, Anda dapat mencari kain bersih dan menekan luka sambil menunggu bantuan medis. Periksa pernapasan pasien.

Pingsan Tidaknya Seseorang Bisa Diketahui Dengan Rumus Asnt: Pmi Saat Ajari Pmr Mula Sdmm

Jika pernapasan pasien dikonfirmasi, bawa dia ke tempat teduh dan segera letakkan dia di lantai dan dalam posisi pemulihan atau

Setelah tiba dan memastikan pasien bernapas dengan mudah, cobalah untuk menyadarkannya. Lakukan dengan cara mengelus, menggoyang ringan, atau memanggil dengan suara keras. Ini hanya untuk mempercepat pemulihan pasien dari ketidaksadaran.

Anda juga harus memantau fungsi jantung dan paru-paru pasien. Pasien tidak bernapas atau memiliki detak jantung

Pertolongan Pertama Pada Orang Pingsan

Hubungi bantuan medis saat CPR sedang berlangsung. Lakukan CPR dengan 30 kompresi dada, lalu 2 napas. Lanjutkan siklus sampai bantuan tiba.

Buku Saku First Aider: Petunjuk Praktis Penolong Pertama Menangani Korban Kecelakaan Book By Noraliyatun Jannah, Dkk

Jika pasien masih tidak sadar setelah melakukan hal di atas, hubungi rumah sakit atau penyedia layanan kesehatan. Dalam kasus sederhana, pasien segera sadar kembali. Saat bangun tidur, Anda mungkin akan disuguhi minuman manis, terutama jika Anda memiliki riwayat telat makan atau diabetes. Penderita diabetes sering memiliki gula darah rendah

Cara pertolongan pertama pada orang pingsan, pertolongan pertama pada pingsan, pertolongan pertama pada serangan stroke, pertolongan pada orang pingsan, pertolongan pertama pada penderita stroke, pertolongan pertama pada orang pingsan saat upacara, pertolongan pertama orang pingsan, pertolongan pertama pada korban pingsan, pertolongan pertama pada keseleo, pertolongan pertama saat pingsan, pertolongan pertama pada gerd, pertolongan pertama pada serangan jantung

You may also like