Cara Merawat Kitten Umur 1 Bulan

By

Cara Merawat Kitten Umur 1 Bulan – Kucing Senin, 20 Desember 2021, 10:00 WIB 6 Cara Memberi Susu pada Anak Kucing Terlantar yang Ditelantarkan Induknya

Cara memberi susu pada bayi kucing memang harus diperhatikan agar Anda mendapatkan perawatan yang tepat saat merawat anak kucing terlantar.

Cara Merawat Kitten Umur 1 Bulan

Cara Merawat Kitten Umur 1 Bulan

Sobat, pernahkah Anda melihat anak kucing terlantar yang tidak memiliki ibu? Bagi Anda yang terbiasa memelihara kucing, tentunya tidak akan tega meninggalkannya dan membiarkan anak kucing tersebut terlantar.

Di Usia Berapa Anak Kucing Boleh Makan

Oleh karena itu kita harus merawat anak kucing yang kita temukan di sekitar rumah. Pada kesempatan kali ini, Petpi akan memberikan beberapa tips cara memberikan susu pada bayi kucing terlantar.

Hal ini sangat penting untuk dilihat dan dipahami dengan jelas, karena jika salah melakukan pengobatan akan sangat berbahaya.

Untuk itu, jika Anda tertarik untuk mengadopsi dan merawatnya, sangat penting untuk memperhatikan beberapa hal. Berikut Petpi akan memberikan penjelasan tentang merawat anak kucing yang terlantar.

Berikut beberapa langkah ketika Anda menemukan kucing terlantar dan ingin memberikan susu pada bayi kucing.

Cara Merawat Anak Kucing Baru Anda

Nah berikut ini Petpi akan memberikan panduan untuk merawat dan memeliharanya agar anak kucing tetap sehat meski ditelantarkan oleh induknya, yuk simak penjelasan lengkapnya.

Perlu dipahami bersama bagaimana cara memberikan susu pada bayi kucing terlantar, karena jika salah paham akan berdampak pada kesehatan kucing.

Ada beberapa gejala jangka pendek dan jangka panjang yang harus diperhatikan, seperti anak kucing mengalami diare, dehidrasi, dan mengalami kekurangan nutrisi.

Cara Merawat Kitten Umur 1 Bulan

Hal ini harus Anda antisipasi dan jangan sampai merugikan Anda, dalam prosesnya Anda bisa membeli dan menggantinya dengan susu formula khusus kucing yang bisa Anda temukan di pet shop terdekat tempat tinggal Anda.

Khasiat Tempe Bagi Kucing

Pada tahap ini Anda harus benar-benar memperhatikannya, karena jika Anda ceroboh dan tidak memperhatikannya, banyak sekali susu yang diperdagangkan dalam bentuk kemasan yang terbuat dari susu sapi yang sudah dihilangkan laktosanya.

Anda harus memperhatikan perlengkapan saat ingin memberikan makanan bayi kucing, karena tentunya tidak bisa dilakukan sendiri secara langsung.

Pada tahap ini Anda harus benar-benar mempersiapkan diri secara matang, termasuk memilih botol dan dot khusus untuk memenuhi kebutuhan anak kucing.

Untuk memenuhi kebutuhannya, jenis dot dan botolnya sendiri telah disesuaikan dengan kebutuhan yang ada. Jadi Anda dapat memilih semua peralatan di toko hewan peliharaan khusus yang sesuai dengan semuanya.

Ternyata Ini Penyebab Kucing Tidak Mau Menyusui Anaknya

Jika sobat pintar ingin memberikan susu pada bayi kucing tanpa dot, bisa menggunakan spuit atau alat suntik untuk kucing (suntikan tanpa jarum).

Namun, alat jenis ini sangat berisiko, terutama bagi Anda yang masih pemula karena jika tidak hati-hati dapat menyebabkan bayi kucing tersedak susu.

Lebih aman menggunakan air hangat untuk menyiram dan membersihkannya, hindari menggunakan sabun terlebih dahulu, karena akan berbahaya nantinya.

Cara Merawat Kitten Umur 1 Bulan

Bagi anda yang ingin memberikan susu pada anak kucing terlantar sangat membutuhkan informasi dosis yang tepat. Karena jika salah dalam menentukan akan berpengaruh pada kesehatan bayi kucing nantinya.

Tolong, Jangan Pisahkan Anak Kucing Dari Induknya Halaman 1

Namun, sebelumnya Anda harus mengetahui terlebih dahulu jumlah porsi yang akan diberikan kepadanya. Berikut ini adalah dosis umum susu untuk anak kucing usia 0-3 minggu, yaitu:

Hal ini harus dilakukan secara bertahap dan tidak bisa langsung dalam porsi besar, karena akan mempengaruhi kesehatan bayi kucing nantinya.

Kalau mau kasih MP-ASI, penting diberikan saat umur 21 hari, baru bisa diberikan.

Karena jika memberikan ASI secara berlebihan menggunakan dot atau botol akan mempengaruhi organ pencernaan dan pernafasannya, tentunya hal ini akan membahayakan nyawanya.

Cara Merawat Anak Kucing Menurut Dokter Hewan

Jadi pastikan Anda memperhatikan dan mengamatinya dengan jelas, karena jangan sampai susu masuk ke hidung atau perut akan membesar.

Jika bayi kucing serakah harus diperhatikan dan diperhatikan kondisi perutnya, jika terlalu kencang dan besar lebih baik dihentikan.

Jika bayi kucing Anda tidak minum terlalu banyak susu, sebaiknya hindari memberinya makan secara paksa. Karena akan berdampak pada kesehatan dan dampak buruk di kemudian hari.

Cara Merawat Kitten Umur 1 Bulan

Apalagi jika memberikan makanan menggunakan botol, karena perlu adaptasi dan pengenalan terlebih dahulu. Pada tahap ini Anda harus bisa memperhatikannya dan tidak memberikannya terlalu banyak.

Cara Untuk Merawat Anak Kucing Yang Tersesat

Lakukan secara perlahan dan sebaiknya berikan secara bertahap, jangan terlalu memaksa dan berharap anak kucing cepat kenyang.

Namun, tindakan ini hanya akan membahayakan proses pencernaan dan pernapasan nantinya. Jadi Anda benar-benar membutuhkan perhatian lebih yang benar-benar harus bersabar.

Selanjutnya, saat memberi makan, Anda harus bisa mengelus dan menggosok perut. Prosesnya yang harus Anda lakukan adalah meletakkan kucing di punggungnya dan menggosokkannya ke tubuh Anda, lalu menggosok perutnya.

Jika Anda melakukannya dan menemukan kejadian ini, tidak perlu panik, karena itu adalah hal yang lumrah dan wajar terjadi pada bayi kucing yang ada.

Cara Merawat Kucing Anggora Yang Benar, Bulunya Makin Menawan

Hal yang perlu Anda ketahui adalah saat induk kucing sedang menyusui anaknya, jangan lupa ia menjilati pantat bayi kucing dengan tujuan untuk merangsang buang air kecil atau besar.

Induk kucing biasanya akan mengumpulkan kotoran di pangkuannya, hal ini juga dimaksudkan agar sarangnya tidak kotor dan menarik mangsanya.

Anda dapat membantu dan mengganti induk kucing dengan menyeka bagian bawah bayi kucing dengan kain katun yang agak lembab.

Cara Merawat Kitten Umur 1 Bulan

Sobat cerdas, itulah beberapa penjelasan lengkap tentang cara memberi susu pada anak kucing terlantar yang bisa Anda ketahui dan pahami.

Anak Kucing Anggora Umur 1 Bulan

Jika Anda menyukai artikel PintarPet, jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke seluruh dunia dan juga ikuti Instagram @pintarpet untuk informasi lebih lanjut tentang Kucing terbaru!

Perhatian: Informasi ini dikumpulkan dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cedera, kematian, kerusakan atau kerugian secara langsung maupun tidak langsung, material dan immaterial yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya konsultasikan ke dokter hewan terdekat.

Saya lulusan Sarjana Kedokteran Hewan (S.K.H) UNAIR 2021 yang sangat antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan hewan peliharaan lainnya. Saat ini saya sedang mengikuti Program Co-Asst Gelombang 36 UNAIR 2021. Pernahkah Anda menemukan anak kucing atau kitten tanpa induk di pinggir jalan? Sendirian atau bersama saudara tanpa ibu? Seringkali mereka ditemukan di tempat yang tidak pantas. Terkadang mereka jelas dibuang oleh manusia yang tidak bertanggung jawab. Banyak juga kasus anak kucing yang dibuang di depan rumah, karena kita dikenal sebagai pecinta kucing. Lalu apa yang harus dan bisa kita lakukan untuk membantu merawatnya?

Jangan membawa pulang anak kucing sebelum memastikan tidak ada induknya. Tunggu sampai sekitar 2-3 jam dan pastikan tidak ada induk. Carilah kucing betina di sekitar dengan payudara terkulai. Jika setelah mencari dan bertanya kepada orang-orang sekitar, Anda dapat mengambilnya. Kembalilah ke lokasi pada waktu yang berbeda atau keesokan harinya untuk memastikan tidak ditemukan induk atau keluarga kucing di sekitar lokasi anak kucing tersebut.

Mudah! 10+ Cara Merawat Bayi Kucing Bagi Pemula

Pada saat yang sama, temukan ibu yang akan merawat anak kucing itu. Namun perlu diawasi karena tidak semua induk kucing akan menerima anak kucing yang bukan anaknya. Jika kita tidak menemukan induk atau diterima oleh induk kucing yang ada, kita harus berusaha sebaik mungkin untuk merawatnya.

Bawa anak kucing ke dokter hewan terdekat untuk pemeriksaan lebih lanjut tentang kondisinya dan perawatan yang tepat. Tidak boleh dirawat di rumah sakit karena tubuhnya yang rentan dan rentan terhadap penyakit dapat dengan mudah terkena dan tertular penyakit jika terlalu lama dirawat di klinik hewan. Apa lagi kalau bukan di ruangan khusus dengan penanganan khusus. Pastikan anak kucing mendapatkan obat cacing, kutu atau jamur sesuai dengan kondisi dan anjuran dokter hewan.

Lakukan tes FPV atau Feline Panleukopenia Virus untuk memastikan mereka tidak terinfeksi. Hal ini penting untuk dapat memberikan perawatan terbaik agar mereka dapat bertahan hidup dan melindungi kucing lain agar tidak terinfeksi. Jika mereka bersaudara hampir pasti semuanya terinfeksi jika salah satu dari mereka dites dan positif FPV.

Cara Merawat Kitten Umur 1 Bulan

Karantina dan pisahkan anak kucing di kandang khusus yang terpisah dari kucing lain di rumah selama minimal 2 minggu. Jauhkan dari kucing lain, terutama yang belum divaksinasi.

Makanan Kucing Umur 2 Bulan

Jika dirawat di rumah, anak kucing yang berusia di bawah 5 minggu membutuhkan suhu hangat sekitar 27-33 derajat Celcius. Pegang mereka dekat dengan kulit Anda agar tetap hangat. Pastikan juga terlindung dari hawa dingin dengan menyediakan selimut, lampu 5 watt, atau heat pad yang sudah dilapisi agar suasana tetap hangat. Anda juga bisa memberikan boneka sebagai pengganti pelukan ibunya. Cara lainnya adalah dengan menyediakan botol plastik berisi air hangat yang ditutup dengan handuk tipis. Bagian rumah yang terkena sinar matahari pagi, dan tidak terkena angin sore sangat baik bagi mereka.

Jangan berikan susu sapi yang biasa diminum manusia kepada kucing, terutama anak kucing, karena mengandung laktosa yang tinggi dan menyebabkan diare. Diare dapat menyebabkan dehidrasi dan hilangnya nutrisi yang dibutuhkan anak kucing untuk tumbuh sehat. Susu pengganti khusus untuk anak kucing dapat dibeli di pet shop atau toko online, misalnya dari kolostrum susu kambing dari Ecopet atau milk replacer dari Royal Canin. Susu beruang atau susu kambing segar dapat digunakan, tetapi hanya sementara. Jangan sampai sisa susunya diminum lagi. Susu harus habis dan jangan dibiarkan lama-lama, karena akan basi dan menyebabkan diare.

Berikan dengan penetes atau botol, tetapi jangan dipaksakan karena akan berisiko tersedak. Pastikan anak kucing duduk dan tegak, tidak seperti memberi makan bayi manusia. Setelah minum susu, usap perut dan pantat anak kucing dengan lembut dengan tisu, alih-alih menjilati induknya untuk mendorong mereka buang air kecil dan besar.

Jika telinga anak kucing sudah berdiri, maka bisa dicoba diberikan makanan khusus seperti penyapihan dan induk dan bayi dari Royal Canin. Makanan basah dapat diberikan dua kali sehari, dicampur dengan susu, vitamin dan satu tetes minyak ikan

Cara Memelihara Kucing Hutan

Cara merawat kitten 2 bulan, cara merawat kitten umur 2 bulan, cara merawat kitten 3 bulan, merawat kitten umur 1 bulan, merawat kitten umur 2 bulan, cara merawat kucing kitten umur 2 bulan, cara merawat kitten, cara merawat kitten persia, cara merawat kucing kitten umur 3 bulan, cara merawat kitten umur 1 bulan, cara merawat kucing kitten, cara merawat kitten 1 bulan tanpa induk

You may also like